Sirah Nabawiyyah

Sejarah Ringkas Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dilahirkan di Makkah, pada hari senin tanggal 12  Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 5711 M. Tahun kelahiran beliau ini dikenal dengan nama “tahun gajah”, karena pada waktu iti terjadi suatu peristiwa besar, yaitu datangnya pasukan bergajah menyerbu Makkah dengan tujuan menghancurkan Ka’bah. Yang dipimpin oleh Abrahah.

Nabi Muhammad dilahirkan dalam keadaan yatim karena ayahnya, Abdullah meninggal dunia kira – kira 7 bulan sebelum beliau lahir. Ketika beliau lahir, kakeknya Abdul Muthalib memberi nama Qutsam. Namun ibunya, Aminah berkata “dalam mimpiku aku diperintah untuk memberi nama Muhammad”. Maka Abdul Muthalib pun mengumumkan nama cucunya itu  Muhammad.

Nabi Muhammad yang masih bayi diserahkan perawatannya kepada Halimah binti Abi Dhu’aib, seorang ibu susu yang berasal dari Bani Sa;ad. Halimah satu- satunya wanita yang bersedia membawa Muhammad. Ibu – ibu susu yang lain tidak mau membawanya karena ia aanak yatim. Nabi Muhammad tinggal di lingkungan Bani Sa’ad selama 5 tahun. Setelah itu Halimah menyerahkan kembali kepada ibunya.

Kemudian, ketika Muhammad berusia 6 tahun, ibunya mengajak ke Madinah untuk diperkenalkan dengan sanak saudaranya. Sesampai di Madinah, ibunya mengajak berziarah ke makam ayahnya. Tetapi ketika sampai di Desa Abwa, Ibunya jatuh sakit dan kemudian   meninggal dunia. Kemudian dibawa pulang ke Makkah oleh Ummu Aiman, budak yang setia menemani Muhammad dan turut pula mengasuhnya.

Setelah itu, Nabi Muhammad di asuh kakeknya selama 2 tahun. Kakeknya meninggal dunia ketika beliau berusia 8 tahun. Kemudian, pengasuhan beliau beralih kepada pamannya, Abu Thalib. Ketika diasuh oleh Abu Thalib itulah Nabi Muhammad terbiasa  bekerja keras seperti mangembala kambing, sebab pamannya itu termasuk golongan ekonomi pas – pasan.

Ketika Muhammad berusia 12 tahun, terjadi peperangan besar antar suku Arab yang dikenal dengan perang Fijar. Beliau ikut dalam perang tersebut sebagai pengumpul mata panah yang dilemparkan oleh musuh. Pada perang itulah beliau menyaksikan banyak korban, sehingga muncul inisiatif beliiau untuk membentuk komite perdamaian. Maka, ketika beliau berusia 20 tahun, beliau memprakarsai berdiriya komite perdamaian yang dinamakan Hilful Fudhul. Melalui Hilful Fudhul inilah, sifat kepemimpinannya mulai tampak dan namanya makin harum dikalangan masyarakat. Sehingga beliau dikenal sebagai orang terpercaya karena kejujurannya. Kemudian beliau diberi gelar Al-Amin.

Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah, seorang janda kaya pada usia 25 tahun, sementara Khadijah berusua 40 tahun. Kemudian menjelang usianya yang ke 40 tahun, Nabi Muhammad SAW sering berkhalawat di gua Hira. Beliau melakukan ini karena merasa sangat prihatin dengan keadaan masyarakat Arab yang menyembah berhala. Pada tanggal 17 Ramadhan/ 6 Agustus 611, ketika Nabi SAW sedang berkhalawat di gua Hira, datanglah malaikat jibril membawa wahyu dari Allah SWT. Wahyu yang pertama kali turun ini adalah QS Al ‘Alaq ayat 1-5, yang menandai pengangkatan Muhammad sebagai Rasul Allah. Setelah menerima risalah kenabian, mulailah Nabi Muhammad mendakwahkan agama islam di tengah- tengah kesesatan masyarakat Arab Jahiliyah. Dakwah ini mulai dilakukan Nabi Muhammad,setelah itu turun wahyu kedua, yaitu surat Al muddatsur eyat 1-7 yang isinya memerintahkan nabi SAW unyuk berdakwah.

Kemudian beliau mulai berdakwah secara diam-diam dilingkungan keluarga da rumahnya sendiri, serta dilalangan reka-rekannya.Setelah beberapa lama menjalankan dakwah dengan diam-diam, turunlah perintah untuk berdakwah secara terang-terangan. Maka mulailah Nabi dan para pengikutnya mendapat perlakuan yang keras dari kaum musyrik Makkah. Namun mereka tetap teguh dalam keimanannya.Sampai akhirnya Allah berkehendak menurunkan perintah hijrah.jadi Nabiberdakwah disana kurag lebih 10 tahun dan pindah di Madinah kurang lebih 12 tahun.

Kemudian Nabi melaksanakan haji wada’. Dua bulan setelah haji wada’, Nabi sakit demam. Tak berapa lama kemudian, teepatnya pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awwal 11 H bertepatan dengan tanggal 8 Juni 632M, Nabi Muhammad SAW wafat dalam usia 63 tahun.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Mengenal Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger